Selasa, 07 September 2010

Membuat Mayonaise

Mayones! by MJE Feb 18,2007
Mengapa harus membayar mahal/uang untuk mayones bila Anda benar-benar dapat membuat mayones yang enak dalam beberapa menit dengan biaya lebih murah dibanding beli yg sudah jadi?

Berikut ini resep sederhana semua yang awam/hobby masak pasti bisa dan tidak memerlukan teknik/keahlian khusus, Bahan secara umum ada di pasaran, dan alat favorit dapur saya hand blender!

Alat dan Bahan

1) Gunakan toples dengan mulut yang lebar dgn ukuran 1 hingga 1,5 pint

2) 1 cup (250ml) Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau minyak yg lebih bagus adalah Canola Oil (minyak Canola) atau minyak yang sehat lainnya sesuai selera anda. Saya hampir selalu menggunakan EVOO, tetapi minyak kanola tetap yang terbaik dan sehat pilihan. Beberapa orang smenggunakan/mencampur setengah cangkir EVOO dan setengah cangkir Canola oil . Light Olive oil merupakan pilihan yang
bagus jika anda menginginkan sebuah rasa yang ringan tidak seperti EVOO.

1 US pint = 473.176475 milliliters
1 Imperial (UK or British) pint = 568.261485 milliliters

3) Setengah buah lemon yang besar ambil sarinya (atau gunakan 2 sendok makan/sdm lemon juice)

4) seperempat sendok teh garam

5) 1 butir telur ...ambil kuning telurnya

6) Setengah sendok teh/sdt (atau lebih) dari bawang putih yang digerus

7) 1 sdt bubuk mustard atau 1 sdm Mustard yang sudah jadi dan atau tambahkan 1 sdt atau lebih saus cabai favorit Anda. Atau, bagi mereka yang suka bisa tambahkan, dua sdt gula)



Langkah 1

Memisahkan telur dan kuning telur..kemudian masukkan dalam toples



Langkah 2

Masukan semua bahan dan campurkan KECUALI minyak zaitun/minyak yang anda pakai



Langkah 3

Masukan seperempat 1/4 cangkir minyak.



Langkah 4

Dan sekarang, keajaibanpun dimulai

Masukkan hand blender, aduk merata hingga bercampur..putar2 toples yang digunakan supaya lebih merata. Kemudian akan terbentuk seperti pasta yg creamy aduk terus hingga agak mengental... Jika tidak, jangan khawatir. Teruskan saja...



Langkah 5

dan sekarang keajaibanpun terjadi ...Perlahan tambahkan sisa minyak sambil tetap mengaduk dengan hand blendernya. Tambahkan sedikit demi sedikit hingga minyak habis... dan Aduk terus campuran tersbut hingga menyatu semakin pekat dan menjadi mayonaise seperti yang kita inginkan.



Langkah 6

et voila!

...dan Anda sudah memiliki setoples penuh mayonaise yang lezat, dan anda siap untuk menggunakannya. Untuk menambah Rasa, anda dapat menambahkan sesuai bumbu kesukaan anda seperti bubuk cabai ataupun lainnya terserah anda.

Pada gambar di bawah Toples sebelah kiri adalah mayonaise yang telah ditambahkan minyak cabai; toples di sebelah kanan, adalah yang dibumbui versi mustard/original. Simpan keduanya di dalam lemari es.



Untuk mayonaise yang memakai minyak cabai sangat cocok digunakan khususnya dengan hasil laut di Perancis disajikan bersama Boullibaise. Untuk ikan goreng dengan ikan, mussles, sardines, apapun sangatlah cocok...atau apapun yang anda sukai seperti burgers dan lainnya



Catatan : Untuk keamanan dalam menkonsumsi : Karena ini menggunakan telur mentah, saya hanya membeli menggunakan telur yang organik atau Telur Ayam yang pakannya alami seperti hanya sayuran bukan yang pakannya dari pabrikan, hal ini untuk membantu memastikan terhadap salmonella yang berbahaya bagi kita bila terkonsumsi.



Sumber :
Copyright Author Instructable By Mje published: Feb 18, 2007 dengan berbagai perubahan dan tambahan

Di ambil dari catatan Abu Jasmine Jusuf Heru Kurniadi

7 komentar:

Akhwat's Note mengatakan...

Nice...^^

baarokallahu fiik

pemeliharaan mesin mengatakan...

keren

armstrong indonesia mengatakan...

mantap

motivator indonesia mengatakan...

salam kenal

jantung koroner mengatakan...

semoga bermanfaat

belajar forex mengatakan...

tips yang bagus

Unknown mengatakan...

nice infonya:) tapi salmonella itu apa yah?

Posting Komentar